MENYUSUN FORMAT LAPORAN PKL DAN
SKRIPSI MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD
Membuat
laporan PKL dan Skripsi merupakan suatu kewajiban bagi mahasiswa. Selain dari
isi laporan yang harus diperhatikan, format pembuatannyapun harus mengikuti
aturan-aturan yang ada. Dalam proses pembuatannyapun memerlukan proses revisi
yang tidk sedikit jumlahnya yang terkadang membawa tingkat kesulitan tersendiri
pada waktu penyusunan maupun pengetikan.
MS
Word, program aplikasi pengolah kata akan sangat membantu dalam penyusunan laporan
PKL maupun Skripsi dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh
MS Word seperti “Section” dan “Style and Formatting”.
Langkah-langkah
penyusunan laporan PKL dan Skripsi dengan menggunakan MS Word sebagai berikut :
1.
Buka File MS Word
baru.
2.
Kemudian
atur Page Setup nya : Page Layout
Margins Custom Margins

Atur ukuran
margin tepi kiri, kanan, atas dan bawah (kiri4, atas3, kanan3, bawah3) klik
tombol “Margins” kemudian atur
marginnya.
3.
Kemudian klik
tombol “Paper” untuk memilih ukuran
kertas yang digunakan. Untuk laporan PKL dan Skripsi akan menggunakan kertas
A4. Plihan kertas ada pada menu “Paper
size”.
Bagian-bagian dalam Laporan
a.
Dalam menyusun
laporan PKL maupun Skripsi kita akan banyak menggunakan fasilitas menu “Section” dan “Style and Formatting”. Dalam laporan PKL dan skripsi pada dasarnya
dibagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian awal, bagian utama (isi) dan bagian
akhir.
b.
Bagian awal
biasanya terdiri dari abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel,dll.
Misal kita akan membuat Abstrak.
c.
Di Office 2007
Panel Style sudah secara otomatis tampil di menu utama bagian kanan.
d.
4. Pada dasarnya
(default) dari MS Word style format penulisan adalah style Normal. Kemudian kita menggunakan style dalam laporan kita sebagai
berikut : Judul Bab akan menggunakan style Heading 1, Sub Bab akan menggunakan
heading 2, Sub Sub Bab akan menggunakan Heading 3, dan seterusnya.
e.
Mulai membuat
halaman ABSTRAK, sebelum memulainya kita klik Heading 1 kemudian baru kita
menuliskan kata ABSTRAK.
Membuat Halaman Daftar Isi Secara Otomatis
1.
Buat daftar isi
sebagai halaman kedua, terus gunakan Heading 1. Kemudian tekan enter untuk ke
baris berikutnya dan style menjadi Normal.
2.
Tahap
selanjutnya adalah memasukkan daftar isi dengan cara:
3.
Klik
menu References Table of Contens

4.
Maka akan
terbuka kotak dialog Table of contens yang berisi format-format daftar isi yang
bisa dipilih. Silahkan pilih salah satu dan secara otomatis daftar isi akan
muncul.
5.
Apabila anda
hendak mengupdate isi dari daftar isi silahkan klik References kemudian pilih Update
Table.
6.
Akan muncul
kotak dialog Update Tables of Contens, dengan 2 pilihan yang pertama Update
page numbers only (hanya mengupdate nomer halamn saja). Update entire teble
(mengupdate keseluruhan daftar isi).
7.
Bagian awal
laporan sudah selesai kita akan masuk ke bagian isi, tapi sebelum ke bagian isi
kita harus memberi batas antara bagian depan dengan bagian isi dengan
menggunakan Section. Karena salah satu perbedaan yang mencolok antara halaman
depan dengan halaman isi adalah pada penomoran halaman. Pada halaman depan
biasanya menggunakan format penomoran I, ii, iii,…dst sedangkan pada halaman
isi menggunakan angka 1,2,3,…dst. Tanpa menggunakan Section.
Menggunakan Section Untuk Membagi Isi Laporan
a.
Letakkan kursor
pada baris akhir dari bagian depan laporan.
b.

Kemudian
klik menu Page Layout Breaks Section Breaks (Next Page).


c.
secara otomatis
kursor akan berada di halaman baru dimana halaman baru tersebut merupakan
Section baru yang terpisah dari Section Halaman Depan.
Penambahan Nomor Halaman
Pada
laporan PKL dan Skripsi penomoran halaman berbeda antara bagian awal dengan
bagian isi. Pada bagian awal menggunakan angka (i-ii), sedangkan pada bagian
isi menggunakan angka biasa (1,2,3 dst).
Cara menambahkan nomor
halaman :
1.
Kembali ke
halaman awal section pertama.
2.

Klik menu Insert Page Number kemudian pilih nomor halaman mau
diletakkan di atas atau di bawah halaman.


3.
Secara
default pada MS Word 2007 nomor halaman langsung menggunakan penomoran 1, 2,
3…..dst. untuk bagian awal kita akan menggunakan angka i, ii, iii…dst. Klik Insert
Page Number Format Page Numbers kemudian pada
bagian Number Format pilih jenis
huruf romawi (i, ii, iii,…..) klik OK.

4.
Hasilnya pada
bagian awal sudah menggunakan angka romawi.
5.

Penomoran
pada bagian isi (section 2), letakkan kursos pada bab 1 (bagiam awal section 2)
kemudian klik menu Insert Page Number Format Page Numbers.


6.
Kotak dialog
Page Number Format akan muncul. Pada bagian Number Format pilih jenis angka
normal, pada bagian Page Numbering pilih Start at dan pastikan telah terisi
nomor 1. Ini menunjukkan bahwa Section ini menggunakan penomoran halaman dengan
angka normal dan dimulai dari angka 1.
7.
Klik OK, lalu
klik lagi tombol OK.
Maka bagian isi
sudah menggunakan nomor normal dan dimulai dengan nomor 1.
SUMBER
Dwi, Taufik Rizal.2011. Petunjuk Praktikum Aplikasi Komputer.
Bangkalan : Fakultas Pertanian
Universitas Trunojoyo Madura.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar