Tentang Saya

Menu

Senin, 14 Desember 2015

menyusun format laporan menggunakan ms word



MENYUSUN FORMAT LAPORAN PKL DAN SKRIPSI MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD

Membuat laporan PKL dan Skripsi merupakan suatu kewajiban bagi mahasiswa. Selain dari isi laporan yang harus diperhatikan, format pembuatannyapun harus mengikuti aturan-aturan yang ada. Dalam proses pembuatannyapun memerlukan proses revisi yang tidk sedikit jumlahnya yang terkadang membawa tingkat kesulitan tersendiri pada waktu penyusunan maupun pengetikan.
MS Word, program aplikasi pengolah kata akan sangat membantu dalam penyusunan laporan PKL maupun Skripsi dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh MS Word seperti “Section” dan “Style and Formatting”.
Langkah-langkah penyusunan laporan PKL dan Skripsi dengan menggunakan MS Word sebagai berikut :
1.      Buka File MS Word baru.
2.      Kemudian atur Page Setup nya : Page Layout          Margins         Custom Margins
Atur ukuran margin tepi kiri, kanan, atas dan bawah (kiri4, atas3, kanan3, bawah3) klik tombol “Margins” kemudian atur marginnya.
3.      Kemudian klik tombol “Paper” untuk memilih ukuran kertas yang digunakan. Untuk laporan PKL dan Skripsi akan menggunakan kertas A4. Plihan kertas ada pada menu “Paper size”.
Bagian-bagian dalam Laporan
a.       Dalam menyusun laporan PKL maupun Skripsi kita akan banyak menggunakan fasilitas menu “Section” dan “Style and Formatting”. Dalam laporan PKL dan skripsi pada dasarnya dibagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian awal, bagian utama (isi) dan bagian akhir.
b.      Bagian awal biasanya terdiri dari abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel,dll. Misal kita akan membuat Abstrak.
c.       Di Office 2007 Panel Style sudah secara otomatis tampil di menu utama bagian kanan.
d.      4. Pada dasarnya (default) dari MS Word style format penulisan adalah style Normal. Kemudian kita menggunakan style dalam laporan kita sebagai berikut : Judul Bab akan menggunakan style Heading 1, Sub Bab akan menggunakan heading 2, Sub Sub Bab akan menggunakan Heading 3, dan seterusnya.
e.       Mulai membuat halaman ABSTRAK, sebelum memulainya kita klik Heading 1 kemudian baru kita menuliskan kata ABSTRAK.
Membuat Halaman Daftar Isi Secara Otomatis
1.      Buat daftar isi sebagai halaman kedua, terus gunakan Heading 1. Kemudian tekan enter untuk ke baris berikutnya dan style menjadi Normal.
2.      Tahap selanjutnya adalah memasukkan daftar isi dengan cara:
3.      Klik menu References           Table of Contens
4.      Maka akan terbuka kotak dialog Table of contens yang berisi format-format daftar isi yang bisa dipilih. Silahkan pilih salah satu dan secara otomatis daftar isi akan muncul.
5.      Apabila anda hendak mengupdate isi dari daftar isi silahkan klik References kemudian pilih Update Table.
6.      Akan muncul kotak dialog Update Tables of Contens, dengan 2 pilihan yang pertama Update page numbers only (hanya mengupdate nomer halamn saja). Update entire teble (mengupdate keseluruhan daftar isi).
7.      Bagian awal laporan sudah selesai kita akan masuk ke bagian isi, tapi sebelum ke bagian isi kita harus memberi batas antara bagian depan dengan bagian isi dengan menggunakan Section. Karena salah satu perbedaan yang mencolok antara halaman depan dengan halaman isi adalah pada penomoran halaman. Pada halaman depan biasanya menggunakan format penomoran I, ii, iii,…dst sedangkan pada halaman isi menggunakan angka 1,2,3,…dst. Tanpa menggunakan Section.
Menggunakan Section Untuk Membagi Isi Laporan
a.       Letakkan kursor pada baris akhir dari bagian depan laporan.
b.      Kemudian klik menu Page Layout         Breaks         Section Breaks (Next Page).
c.       secara otomatis kursor akan berada di halaman baru dimana halaman baru tersebut merupakan Section baru yang terpisah dari Section Halaman Depan.
Penambahan Nomor Halaman
Pada laporan PKL dan Skripsi penomoran halaman berbeda antara bagian awal dengan bagian isi. Pada bagian awal menggunakan angka (i-ii), sedangkan pada bagian isi menggunakan angka biasa (1,2,3 dst).
Cara menambahkan nomor halaman :
1.      Kembali ke halaman awal section pertama.
2.       Klik menu Insert         Page Number         kemudian pilih nomor halaman mau diletakkan di atas atau di bawah halaman.
3.      Secara default pada MS Word 2007 nomor halaman langsung menggunakan penomoran 1, 2, 3…..dst. untuk bagian awal kita akan menggunakan angka i, ii, iii…dst. Klik Insert                                                                                             Page Number        Format Page Numbers kemudian pada bagian Number Format pilih jenis huruf romawi (i, ii, iii,…..) klik OK.
4.      Hasilnya pada bagian awal sudah menggunakan angka romawi.
5.      Penomoran pada bagian isi (section 2), letakkan kursos pada bab 1 (bagiam awal section 2) kemudian klik menu Insert        Page Number          Format Page Numbers.
6.      Kotak dialog Page Number Format akan muncul. Pada bagian Number Format pilih jenis angka normal, pada bagian Page Numbering pilih Start at dan pastikan telah terisi nomor 1. Ini menunjukkan bahwa Section ini menggunakan penomoran halaman dengan angka normal dan dimulai dari angka 1.
7.      Klik OK, lalu klik lagi tombol OK.
Maka bagian isi sudah menggunakan nomor normal dan dimulai dengan nomor 1. 




SUMBER
Dwi, Taufik Rizal.2011. Petunjuk Praktikum Aplikasi Komputer. Bangkalan : Fakultas Pertanian
        Universitas Trunojoyo Madura.                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe

Flickr